Profil

Lahir pada tanggal 30 Januari 1961, tumbuh di lingkungan pedesaan di Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta, sebagai anak pertama dari delapan bersaudara.

Dengan Ibu yang memiliki sifat teguh dalam memegang prinsip dan Ayah di masa mudanya yang aktif dalam kepanduan (kepramukaan) yang selalu memberikan dasar tentang kesederhanaan, kejujuran, dan kasih sayang juga nasionalisme.  Sifat dan karater tersebut sangat mempengaruhi perjalanan hidup Penulis.

Setelah lulus SMA, sebuah doa telah dikabulkan Tuhan untuk mencari pengalaman kehidupan di luar kota kelahiran. Lolos mengikuti pendidikan Diploma kedinasan di Bandung (1980-1982) dan lulus pendidikan, Penulis ditugaskan di Banjarbaru dan Kotabaru Pulau Laut, Kalimantan Selatan (1982-1989). Saat itu, waktu sela dan luang tugas, diisi dengan mengajar SMP maupun SMA dan kegiatan lainnya.

Sejak awal bekerja di tahun 1982, terkenang sebuah harapan dan doa untuk menikah setelah 5 tahun bekerja mencari rejeki. Tuhan pun menjawab permohonan itu. Tahun 1985, dipertemukanlah dengan seorang gadis yang bersedia menerima segala kelebihan dan kekurangan. Tahun 1987, terucaplah janji pernikahan yang sederhana namun penuh makna. Di tahun itu pula, Penulis dipindahtugaskan ke Kotabaru Pulau Laut sebagai Kepala Kantor Cabang.

Pada tahun 1988 karunia Illahi datang dalam rupa seorang putri nan manis jelita. Setahun setelahnya kesempatan untuk mengikuti penjenjangan pendidikan di Bandung selama 1,5 tahun dijalani.

Setelah merasakan pengalaman merantau di luar kota kelahiran, didapatlah kesempatan untuk kembali menetap di Yogyakarta. Tahun 1991 berkat Tuhan menghampiri kembali dengan kelahiran putri kedua nan cantik dan berkat Tuhan yang tiada terukur pun datang 6 tahun kemudian dalam kelahiran anak lelaki tampan.

Lalu datanglah hasrat untuk dapat melanjutkan studi sebagai salah satu harapan dan tujuan kehidupan yang sebelumnya terpendam. Atas kebaikan Tuhan, di saat usia memasuki 40 tahun, kesarjanaan Strata 1 (S1) yang pertama pada tahun 2001 telah diraih. Kemudian secara berturut-turut selama empat tahun 3 gelar kesarjanaan Strata 1 (S1) dan Sarjana strata 2 (S2) juga telah diraih. Dengan terus bersemangat studi S3 pun ditempuh hingga berhasil lulus tahapan sarjana Strata 3 (S3) dengan gelar Doktor (2014).

Tahun 2014, anak pertama telah menikah dengan lelaki pilihannya dan pada tahun 2015 lahirlah cucu pertama nan cantik dan ceria yang membuat hidup menjadi semakin berwarna. Pada tahun 2016 tepatnya di bulan Agustus, setelah dibebastugaskan dalam masa persiapan pensiun dibuatlah website pribadi untuk dapat menulis tentang berbagai hal, sesuai dengan bidang keilmuan maupun pengalaman kehidupan yang telah dilalui oleh Penulis.

Advertisements