Tags

,

Beberapa saat ini banyak berita yang memuat beberapa sosialita dunia, terkenal populer, relatif kaya, karyanya mendunia dan menghibur banyak orang sehingga menjadi idola. Banyak insan mengidolakan dan mendamba berharap dapat seberhasil seperti mereka. Namun ternyata sang idola tersebut mengalami penderitaan dan depresi dalam hidupnya. Kemudian mereka melakukan bunuh diri dan juga ada yang meninggat di saat masih relatif muda.

Robin Williams, adalah aktor film senior professional yang aktingnya sangat menghibur para penggemar, populer, kaya. Di permukaan wajahnya selalu terlihat tersenyum tawa ceria bahagia. Chester Benington vokalis Linkin Park band terkenal mendunia, populer, banyak idolanya, dan kaya serta memiliki keluarga yang nampak harmonis. Difoto nampak tawa bahagia bersama keluarga. Tidak menampakkan kepedihan. Demikian pula Dolores-oriordan Vokalis band The Cranberries syair-syair lagunya menginspirasi dunia. Memberikan semangat dan menghibur banyak penggemarnya. Tetapi ternyata mereka mengalami pergulatan kegelapan kehidupan yang dalam. Sehingga Robin Williams dan Chester Benington mengakhiri hidupnya dengan tragis yaitu bunuh diri. Kemudian Dolores-oriordan meninggal dunia dalam usia relatif muda (46 tahun) ditengarai karena mengalami depresi sejak kecil.

Depresi bisa terjadi dimanapun tingkat status sosial kehidupan dan menyerang siapapun. Di kalangan hartawan, pejabat, aktris-sosialitas, rohaniwan maupun kalangan biasa awam. Tidak sedikit berita yang menceritakan di kalangan para hartawan, merasa kesepian dan tidak bahagia dengan hartanya. Banyak di kalangan pejabat-politisi merasa tidak bahagia, tegang, stress , karena tingkat persaingan tinggi di antara temen sendiri. Demikian pula di kalangan aktris semakin populer semakin sulit menjadi diri sendiri sebagai manusia apa adanya. Maka para artis sering berusaha menjaga citra yang membuat hidup menjadi tertekan. Harus menjadi manusia sempurna bagi para penggemarnya. Demikian pula di kalangan rohaniwan harus menjaga sebagai figur yang suci-sempurna tidak boleh salah. Di kalangan masyarakat biasa juga dapat terjadi kehidupan yang membuat tertekan karena perjuangan mencukupi kebutuhannya dalam persaingan memperebutkan kue kehidupan.

Serangan depresi semakin akut karena ketika penderita depresi bercerita kepada orang-orang terdekat kalau ia menderita depresi malah tidak dipercaya, ditertawakan, bahwa ia menderita depresi. Ini juga kesalahan para penderita depresi karena penderita depresi sering berusaha menampakkan diri seperti orang normal dan hidup bahagia. Seperti tidak ada masalah. Nampak ceria tertawa bahagia. Apalagi para penderita depresi adalah dari kalangan yang hidupnya berhasil semisal dari kalangan artis, orang kaya, pejabat atau rohaniwan, pastilah para idola, penggemar, atau ummat, tidak percaya bahwa di kalangan atas kok bisa mengalami depresi. Mana mungkin bisa depresi.

Di sisi lain, para orang-orang terdekat, sering menganggap para penderita depresi dianggap sebagai orang manja ketika mengatakan depresi. Karena para orang-orang terdekat melihat bahwa orang depresi sepertinya memiliki kehidupan seperti orang normal. Memiliki keluarga, rumah, profesi, seperti orang normal. Malah kadang lebih sukses daripada orang normal. Beberapa penderita depresi malah dari kalangan artis, pejabat, hartawan dan rohaniwan. Sehingga orang-orang terdekat tidak mudah percaya kalau kerabatnya yang menderita depresi mengatakan yang sebenarnya kalau memang menderita depresi.

Lalu bagaimana seorang depresi dapat kuat menghadapi depresinya dan dapat berusaha dan berjuang untuk hidup normal sekalipun sedang mengalami depresi. Beberapa penderita depresi yang kuat menghadapi depresinya, biasanya sejak saat kecil sudah mendapatkan bekal ajaran tentang spiritualitas kehidupan. Terutama ajaran dan teladan yang ditanamkan oleh orang tuanya tentang makna hakikat bahwa hidup itu berkat pemberian Tuhan yang sungguh berharga yang perlu dijaga dan diperjuangkan. Sehingga saat anak dan hingga menjadi dewasa sudah mendapatkan bekal untuk menjalan kehidupan sejak anak-anak. Maka saat menghadapi jatuh bangun dan berbagai aneka kehidupan yang menghantamnya tetap memiliki pegangan kehidupan. Tidak mudah menyerah.

Selain itu, seorang depresi perlu berusaha dan meyakinkan dirinya untuk melakukan kehidupan sosial dengan kegiatan sosial yang dapat membantu orang lain yang membutuhkan. Para penderita depresi harus berusaha memiliki kegiatan positif, tidak diam merenung dan dapat melihat kehidupan orang lain sehingga para penderita depresi merasa masih dibutuhkan.

Saya sendiri memiliki pengalaman dapat menghadapi depresi karena keteladanan dan ajaran orang tua atau bapak saya yang berprofesi guru dan menjadi Pembina pramuka. Bapak saya mengajarkan beberapa sikap dan perilaku dari hakikat spiritualitas kehidupan. Kemudian di saat masa saya kecil, belum banyak hiburan sehingga sebagai hiburan saya membaca buku atau mass media, buku cerita tentang Kitab Suci dan kehidupan Nabi dan tokoh pejuang iman di masa itu, juga buku-buku inspirasi motivasi kehidupan yang menjadikan berbagai esensi kerohanian dan kebaikan kehidupan telah mengendap dan menjadi pegangan dalam hidup saya. Sehingga saya berusaha dapat menghadapi masa depresi dengan pertahanan yang kokoh dan saya dapat berusaha berjuang untuk bisa hidup normal. Saya tidak mudah menyerah sekalipun karena depresi membuat hidup saya tidak mudah.

Oleh karena itu pesan saya kepada penderita depresi, belajarlah untuk berusaha bisa terbuka menceritakan yang sebenarnya, yang senyatanya tentang kondisi yang ada bahwa hidupnya merasakan penderitaan, ketertekanan dan depresi.

Kemudian saya pesan kepada kerabat terdekat dari penderita depresi untuk peka terhadap indikasi-indikasi tentang keadaan keluarganya yang kemungkinan ada yang menderita depresi. Kemudian jika ada kerabat yang menceritakan telah mengalami depresi jangan sampai merespon ketidakpercayaan, sangsi atau ragu. Karena biasanya seseorang yang menceritakan dirinya depresi adalah memang benar demikian adanya.

Depresi sebagai penyakit jiwa akibat akumulasi kesetresan, ketertekanan kehidupan yang sudah berlangsung cukup lama sehingga tidak mudah dan tidak bisa instan untuk proses penyembuhannya. Maka saya pesan kepada para penderita depresi dan kerabat terdekat untuk sabar, tabah, tahan uji dan saling mendukung. Memiliki semangat untuk bisa bertahan dan bisa hidup normal sekalipun jiwa masih merasa enggak nyaman. Jangan mudah patah semangat dan tetap berjuang untuk bertahan bahwa hidupnya masih berharga. Mencari kegiatan sosial agar memiliki kegiatan positif sehingga dapat bertahan menjalani kehidupan dan Jangan mudah patah dengan jalan pintas untuk melakukan bunuh diri.

Percayalah kepada Tuhan dan adanya kehidupan abadi. Bahwa Tuhan itu ada juga Maha Kuasa dan Maha Pengasih dan Penyayang yang memiliki kuasa untuk melindungi dan memberikan kasih sayangnya juga kepada penderita depresi. Dan percayalah tentang adanya hidup setelah kematian bahwa  sekalipun mengalami depresi tapi masih ada yang diharapkan sehingga tetap bertahan dan berjuang untuk hidup berguna bagi diri sendiri dan orang lain untuk bekal kehidupan di alam keabadian.

Kemudian dapat menyibukkan diri dalam kegiataan sosial maupun pelayanan untuk menghindari  diri banyak waktu untuk merenung juga untuk menumbuhkan kepercayaan diri bahwa anda masih berguna.

Pengalaman saya mengalami depresi, saya tidak berkutat dalam depresi saya, namun saya berusaha bertahan, dan melakukan berbagai kesibukan, kuliah, kegiatan sosial, kegiatan pelayanan kerohanian. Sekalipun saya jatuh bangun dengan karakter depresi saya dan juga pengaruh depresi saya yang tidak nyaman. Namun sekarang, Puji syukur kepada Tuhan saya sudah dapat merasakan berharganya dan indahnya hidup ini. sekalipun harus melalui waktu puluhan tahunan.

Hal yang tidak kalah pentingnya, peran orang tua dalam mendidik anak sungguh sangat berperan sekali menjadi dasar kebahagiaan anak-anaknya. Anak adalah titipan Tuhan bukan obyek orang tua. di saat sejak lahir dan masa anak-anak mendapatkan suasana damai sejahtera dan diterima apa adanya dengan kasih sayang, biasanya anak-anak akan memiliki bekat kuat dalam tumbuh kembang menjadi orang dewasa yang kuat bahagia.

Selamat berjuang dan berusaha sahabatku. Pasti bisa

Robin Williams bunuh diri

Foto chester-bennington sebelum bunuh diri

Dolores-oriordan-pernah-mengaku-depresi-

Advertisements